INFORMASI :

--  "Selamat Datang Di Website Resmi Desa Klopogodo Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen" --

Arsip Berita

Pelatihan Garnish dan Fruit Carving Untuk Tim Penggerak PKK Desa Klopogodo

Pelatihan Garnish dan Fruit Carving Untuk Tim Penggerak PKK Desa Klopogodo

Klopogodo Kata garnish berasal dari Bahasa Perancis yang artinya hiasan hidangan. Garnish pada suatu hidangan adalah untuk memberi daya tarik serta keindahan pada suatu hidangan tersebut. Garnish adalah hiasan untuk makanan. Hiasan dalam hal ini adalah segala sesuatu yang dibuat sedemikian rupa sehingga menunjang penampilan suatu hidangan, sekaligus menggugah selera hidangan.

Fruit Carving adalah seni mengukir buah yang ditujukan untuk keindahan. Buah yang digunakan biasanya adalah buah yang berbentuk bulat dan bertekstur lunak. Keterampilan membuat garnish dan carving tidak hanya dimiliki mereka yang berbakat seni saja, semua orang bisa membuatnya sendiri. Yang dibutuhkan untuk menguasai keterampilan garnish adalah kesabaran, ketekunan, dan keinginan untuk selalu mencoba

Tim Penggerak PKK Desa Klopogodo mengadakan pelatihan garnish bagi para anggotanya Jumat, (29/10/2021). Narasumber garnish dari Pokja III Kabupaten Kebumen Ibu Ratna. Pelatihan garnish diikuti 40 orang dari perwakilan TP PKK Desa Klopogodo.

Pemaparan materi teori hanya 15 menit dengan media power point, dilanjutkan praktek. Ratna mengawali pelatihan dengan mengenalkan jenis-jenis pisau berupa bina, lancip, cekung, rintik, kanan kiri ok. Setelah memahami dan membedakan fungsi dari berbagai jenis pisau, Ratna langsung mengaplikasikan untuk memotong sayuran yang sesuai dengan pisau tersebut.

Peserta pelatihan antusias untuk mempraktekan satu demi satu dari pisau satu ke sayuran. Salah satu contoh pisau dan sayuran yang digunakan yaitu, pisau yang ujungnya lancip digunakan untuk memotong daun sawi dibagian dasarnya untuk membentuk hiasan pada sayuran untuk nasi tumpeng. Sayuran yang digunakan Tomat, Mentimun, Cabai, Wortel, Selada, Lobak, Sawi, Pokcoy. Buah yang digunakan yaitu Strawberry, Lemon, Jeruk Sunkist, Cery, Apel, Kiwi, Mangga, Bengkoang.

Peserta dibagi menjadi 4 kelompok dimana disesuaikan dengan jumlah dusun. Masing-masing kelompok diberi satu set pisau dan berbagai sayuran. Kreasi potongan dari berbagai bentuk sayuran sangat unik dan beragam. Potongan yang sudah dibentuk diletakan dipiring besar yang terdiri dari berbagai bentuk, kemudian masing-masing kelompok dibimbing dan dievaluasi dari tekhnik memotong tersebut.

Jenis-jenis garnish yaitu :

  1. Simple Garnish, adalah garnish yang terdiri dari satu bahan atau lebih, biasanya terbuat dari sayur-sayuran, cereal atau makanan-makanan yang sudah jadi, seperti crouton, bread, tart, dan sebagainya.
  2. Composite Garnish, adalah garnish yang terdiri dari bermacam-macam bahan sebagai hiasan yang sesuai dengan makanan dasar. Bahan-bahan tersebut harus mempunyai perpaduan rasa dan aroma dengan makanan pokok atau bahan satu dengan yang lainnya.

Prosedur membuat garnish:

  • Siapkan bahan yang segar dan mudah dibentuk
  • Siapkan air es/garam untuk mencuci bahan atau merendam
  • Cuci bahan hingga bersih
  • Siapkan alat untuk menggarnish
  • Setiap bahan memiliki karakter masing masing dan tidak bisa diperlakukan sama untuk dapat menimbulkan kesan yang sesuai. Missal : buah cery tidak matching bila dipakai menghias hidangan berbahan ikan
  • Memperlakukan makanan yang cepat meleleh (keju panas, saus, cream) juga harus dengan kecepatan khusus
  • Memperhatikan kesesuaian komposisi, warna, tekstur dan kepekaan

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2